Babinsa 0811/12 Bancar Tuban Ikuti Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Binaannya

 

Tuban –  Keterpaduan dan sinergitas Babinsa ditingkat Desa sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan kondusifitas wilayah yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga keberlangsungan pembangunan diberbagai bidang yang ada didesa dapat terlaksana dengan baik. Pembangunan tersebut agar bisa tercapai yang sifatnya fisik dan non fisik. Untuk pembangunan yang bersifat non fisik tersebut salah satunya pembangunan dibidang kesehatan.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa Bancar Koramil 0811/12 Serma Febriyanto, bersama Kepala Desa Bancar hadir dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), di Desa Bancar Wilayah Kerja Puskesmas Bancar Tahun 2020, yang berlangsung di Balai Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang langsung dibuka sendiri acara tersebut oleh Kades Bancar. Selasa (24/11/2020)

Dalam pengantarnya Kades Bancar Bpk. Akhmad Anam menyampaikan, Ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Tim dari Puskesmas Bancar bersama stafnya yang hadir dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Kades yang gemar makan ikan bakar dan ngopi ini, juga menghimbau seluruh peserta yang hadir dalam musyawarah hari ini agar aktif mengemukakan pendapat, saran, masukan dan pengalaman, sehingga diharapkan dapat membantu pemecahan masalah yang dihadapi bersama, yaitu permasalah yang ada di Desa Bancar khususnya dalam hal kesehatan.

 

“Kami ucapkan selamat datang kepada Kepala Puskesmas Bancar dr. Muhammad Athoin Nashir bersama stafnya, dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa, terima kasih kepada pak Babinsa Bancar, yang selalu aktif dalam melakukan pendampingan terhadap kami di Pemerintahan Desa dan disetiap kegitan yang ada di Desa. Terima kasih juga kami sampaikan kepada tamu undangan, yang berkenan hadir dalam musyawrah kali ini. Kami mengharapkan agar undangan yang hadir ini, pada saat musyawarah nanti dapat menyampaikan pendapat, saran, dan masukan, sekaligus berbagi pengalaman yang baik, dalam memecahkan permasalahan yang ada di Desa kita ini, khususnya dalam menangani dibidang kesehatan, sehingga permasalahan kesehatan di Desa kita dapat segera terpecahkan dan selesaikan sedikit demi sedikit,” paparnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Bancar dr. Muhammad Athoin Nashir menyampaikan, pengertian Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga Desa beserta tokoh masyarakatnya baik itu dari tokoh agama, pemuda dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Desa, yaitu Bidan Desa beserta pengurus kader posyandu yang ada di Desa dan untuk merencanakan penanggulangan masalah kesehatan, yang diperoleh dari hasil Survei Mawas Diri (SMD) tersebut.

 

“Kami dari Tim Puskesmas Bancar mengucapkan terima kasih kepada pak Kades beserta perangkatnya, atas waktu dan tempat serta sarana prasarana yang diberikan kepada kami dalam kegiatan MMD ini. Pada dasarnya kami ini melaksanakan kegiatan secara mobile, karena kita tim berkeliling dari Desa ke Desa yang menjadi tanggung jawab kami untuk melaksanakan kegiatan MMD ini. Kami mengharapkan dalam kegiatan ini nanti dari permasalahan yang sudah kita terima, tentunya dari hasil SMD sebelumnya, agar dapat memberikan saran dan masukan serta apa yang menjadi harapan warga masyarakat atau Desa kepada kami, khususnya Puskesmas Bancar tentang permasalahan yang dihadapi. Silahkan sampaikan kepada kami, apa yang perlu dilakukan Puskemas ke Desa, apa itu kami perlunya penyuluhan, sosialisasi, dan tindakan lain, kami akan selalu siap membantu. Tentunya dalam hal ini, kami akan berusaha membantu sesuai dengan kapasitas kami sebagai Puskesmas di wilayah, yang mana masih banyak kekurangan dalam hal fasikitas dan sarana yang lainnya, namun keterbatasan kami ini bukan jadi penghalang, dalam berupaya memecahkan permasalahan kesehatan yang ada di Desa’’ jelasnya.

 

Babinsa Bancar Serma Febriyanto ketika dikonfirmasi oleh media mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dalam hal kesehatan, yakni agar masyarakat mengenal permasalahan kesehatan yang ada dilingkungannya, mengajak masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan, melalui pelaksanaan program kesehatan dari Puskesmas dan Desa.   Disini peran masyarakat cukup penting dan dominan dalam menyusun rencana kerja Puskesmas, untuk menanggulangi dan menyelesaikan khususnya masalah kesehatan.

 

“Kegiatan MMD ini tentunya sangat penting bagi Puskesmas sendiri dan Desa, karena dalam kegiatan ini diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat terkait kondisi layanan kesehatan dari Puskesmas, yang mana diharapkan dengan acara ini keinginan warga tentang persoalan kesehatan yang terjadi dimasyarakat dapat diatasi dengan cepat dan tepat. Dalam kegiatan ini tentunya akan dicarikan solusi tentang permasalah dari SMD yang sudah ada sebelumnya. Di Bancar, dari hasil SMD yang ada ditemukan beberapa permasalahan yang menonjol, diantaranya tentang Perokok aktif, pola makan tidak sehat, KB MKJP, penyakit diare dan tanaman toga. Masalah ini semua dibahas dan dicarikan solusinya, serta apa yang perlu dilakukan oleh Puskesmas ke Desa dan upaya Desa kepada warganya dalam hal persalahan tersebut’’ ucap Babinsa Bancar.

 

Pada kegiatan MMD di Bancar tersebut ditemukan beberapa hal menonjol dalam permasalahan kesehatan yang ada di Desa, sesuai dari Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan sebelumnya. Diantaranya permasalah tersebut antara lain :

~ Warga Bancar masih perokok aktif (68%).

~ Kebiasaan warga masih makan diatas jam 21.00 Wib (58%).

~ Warga masih belum menggunakan KB MKJP (68%).

~ Warga menderita diare dimusim hujan (85%).

~ Warga masih belum menanam Toga didepan rumahnya (60%).

 

Tampak hadir dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tersebut Kepala Puskesmas Bancar dr. M. Athoin Nashir, Kades Bancar Bpk. Akhmad Anam, Babinsa Bancar Serma Febriyanto, Bidan Desa Bancar ibu Romlah, Amd, Kep, Ketua PKK, Kader Posyandu Desa Bancar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua RT, RW dan Lembaga Desa yang lain. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *