Babinsa Bangilan dan Babinkamtibmas SiapkanLlinmas dalam Menghadapi Pilkada 2020

Tuban – Babinsa dan Babinkamtipmas  Siapkan Linmas dalam menghadapi Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tuban yang   akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.   Sabtu ( 21/11/2020 ) Malam.

Sesuai petunjuk dari KPU  teknis pelaksanaan Pemungutan Suara Pilkada 2020 tak berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya. Hanya saja, kali ini pemungutan suara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Teknis pelaksanaan pemungutan suara tidak ada yang berbeda, juga tata caranya. Mulai masuk, kemudian mendaftar dan diberi surat suara, kemudian surat suara dicoblos, sampai keluar diberi tanda tinta,

Karena sesuai peraturan dalam pemungutan tidak ada perubahan akan tetapi karena ini masih masa pandemi sehingga perlu adanya aturan tambahan yaitu setiap tempat pemungutan suara harus mematuhi prootokol kesehatan yang berlaku sehingga Linmas sebagai garis terdepan dalam kegiatanya nanti perlu adanya pelatihan dan penekanan khusus sehingga pesta demokrasi ini tetap bisa di laksanakan dalam kondisi yang di harapkan oleh pemerintah .

Untuk merealisasi hal tersebut Babinsa dan babinkamtipmas  desa Banjarworo Kecamatan Bangilan mengadakan pembekalan dan pelatihan sebelum pelaksanaan pemungutan suara di laksanakan diantaranya, tentang Protokol kesehatan di tempat pemungutan suara seperti :

TPS akan disemprot disinfektan sebanyak tiga kali (yaitu sebelum pemungutan suara, saat pemungutan suara, dan sebelum penghitungan suara), Pemilih diwajibkan memakai masker untuk datang ke TPS, Pemilih diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk ke TPS, Pemilih yang datang juga akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas, Petugas di TPS akan menyediakan air bersih dilengkapi dengan sabun cuci tangan dan Pemilih yang masuk ke TPS kemudian akan diberi sarung tangan plastik sekali pakai.

Hal ini untuk menghindari terjadinya perpindahan virus. “Jadi setiap dia masuk, dia menyentuh kertas, surat suara, alat coblos, sudah dengan sarung tangan plastik,” pemilih akan diminta membuang sarung tangannya ke tempat sampah yang sudah disediakan untuk meminimalisasi terjadinya penularan virus.

Kegiatan ini dilakukan Agar  pada saat pelaksanaannya Linmas bisa mengingatkan dan ikut mengawasi jalannya pemungutan suara sehingga warga bisa tenang, dan tidak takut,” dengan Protokol Kesehatan yang Ketat, ujar Babinsa dan babinkamtipmas,

Di kesempatan lain Bapak Syaiful selaku kepala desa Banjarworo mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari Mitra Kerja di wilayah mudah – mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kita bersama sehingga proses pemungutan suara bisa berjalan dengan aman. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *