Babinsa Bantu Fogging Ditengah Pandemi Covid 19

Tuban – Sebagai bentuk antisipasi berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Desa Sembungrejo Koramil 0811/06 Plumpang Serda Nur Kamid bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dan Puskesmas Plumpang mengadakan kegiatan Fogging (pengasapan) kerumah-rumah warga di Desa binaanya.

Hal tersebut disampaikan Nur Kamid waktu ikut andil melakukan Fogging, yang bertempat di Desa Sembungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa (28/12/2021).

Di tengah wabah Covid-19 ini dan bersamaan dengan musim penghujan, masyarakat di minta tidak melupakan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kegiatan Fogging ini murni kegiatan teritorial kewilayahan yang sering dilaksanakan, diharapkan masyarakat terhindar dari penyakit DBD.

“Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memberi kesempatan bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak, dengan cara 3 M (menguras, menutup dan mengubur),” kata dia.

Sementara itu Tim Fogging dari Dinkes Kab. Tuban Bpk. Didik mengatakan, bahwa DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aides Aegypti.

Melalui Fogging diharapkan nyamuk akan mati, oleh sebab itu langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan perangkat desa serta Babinsa adalah melakukan tindakan, dengan tujuan memutus siklus penyebarannya dan memberantas nyamuk tersebut agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak.

“Diharapkan warga terus menjaga kebersihan lingkungan setelah dilakukannya pengasapan, hal ini perlu dilakukan karena mencegah akan lebih baik daripada mengobati,” pungkasnya. (Pendim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.