Babinsa / Bhabinkamtibmas & Tenaga Kesehatan Kecamatan Rengel Tuban Menerinma Pengarahan Dari Forkopimca Tentang Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Di Desa Binaannya

Tuban – Guna untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran dari Virus Corona (Covid-19) khususnya di wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Forkopimca Rengel yaitu Camat Rengel Drs. Eko Wardono, Danramil 0811/05 Rengel Kapten Czi Khoiril Anwar, Kapolsek Rengel Iptu Dean Tommy R, SH., Dr. Esty Widoanto K. Kepala Puskesmas Rengel dan Drg. Elia Sofa Kepala Puskesmas Prambon Wetan melaksanakan kegiatan sosialisasi bersama, tentang Virus Corona kepada para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Rengel serta Puskesmas Prambon Wetan wilayah Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, bertempat di Pendopo Kecamatan Rengel, Jum’at (17/04/2020).

Camat Rengel Drs. Eko Wardono dalam kesempatan itu mengatakan bahwa, “Penyebaran Virus Corona pada saat ini sudah sangat mengkhawatirkan sehingga perlu langkah-langkah guna untuk pencegahan utamanya di wilayah Kecamatan Rengel dan kami sampaikan bahwa sampai saat ini belum ada warga masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Rengel yang positif terhadap virus Corona, tetapi banyak warga yang sudah masuk ODP dan ODR untuk itu kita tetap harus waspada,” tuturnya.

“Berdasarkan keterangan dari Dokter bahwa Infeksi Virus Corona atau Covid-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada,” kata Camat Rengel.

Menurut Drs. Eko Wardono bahwa secara umum ada 3 gejala yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius), Batuk dan Sesak napas tetapi berdasarkan penelitian, bahwa gejala Covid–19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar oleh virus Corona.

“Bagi warga yang mengalami gejala infeksi virus Corona seperti yang saya sebutkan tadi, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus Covid–19 (Zona Merah) atau berinteraksi dengan penderita infeksi Virus Corona segeralah periksakan ke Dokter atau Puskesmas,” pesan Camat Rengel.

Danramil 0811/05 Rengel Kapten Czi Khoiril Anwar menegaskan pada Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama Kades dan Tenaga kesehatan atau Bidan desa harus bisa menyampaikan kepada warganya agar yang memiliki saudara dan juga kerabat sehabis bepergian keluar daerah khususnya daerah yang sudah masuk Zona Merah dalam penyebaran Virus Corona atau Covid-19 hendaknya untuk dengan penuh kesadaran mengisolasi diri di rumah isolasi yang sudah disiapkan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di tiap-tiap desa, atau karantina dirumah selama 14 hari kedepan dan jika selama mengisolasi diri ada keluhan dan ada tanda-tanda seperti terkena penularan Virus Corona atau Covid-19 hendaknya segera melaporkan ke Petugas Gugus Tugas Covid-19 di desa dan memeriksakan diri serta berobat ke Puskesmas maupun Dokter,” pesan Danramil Rengel.

“Bahwa kegiatan ini dilakukan agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu aktif dan responsif untuk menyampaikan himbauan pencegahan dan antipasi penyebaran virus Covid-19 kepada warga masyarakat di masing-masing desa binaannya bersama Kepala desa di wilayah Kecamatan Rengel, serta untuk mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada sesuai himbauan Pemerintah Pusat maupun Daerah”. tegas Kapten Czi Khoiril Anwar (Danramil 0811/05 Rengel).

Kapolsek Rengel Polres Tuban Iptu Dean Tommy R,SH. menyampaikan bahwa kita sebagai aparatur pemerintahan harus bisa menyampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada, karena penularan Covid-19 tidak di udara bebas, melainkan melalui kontak langsung atau terkena partikel virus secara langsung dengan jarak di bawah satu meter.

“Untuk keamanan diri kita dan umumnya masyarakat diminta menghindari kerumunan dan mengambil jarak 1 sampai 2 meter saat bertegur sapa antara satu dengan yang lain, dan kita juga harus selalu melakukan atau membiasakan cuci tangan pakai sabun setiap selesai melakukan kegiatan. Bagi warga yang merasa sakit diimbau untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas serta kita perbanyak berdiam diri dan tinggal di rumah,” ujar Kapolsek Rengel Iptu Dean Tommy R, SH.

“Kami juga minta agar para Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades dan Perangkat Desa bisa mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Maklumat dari Pemerintah Pusat, agar untuk sementara waktu kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa seperti resepsi pernikahan maupun kegiatan do’a bersama yang dihadiri oleh banyak orang agar ditunda terlebih dahulu, sampai menunggu pengumuman dari Pemerintah akan hal tersebut yang dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19, semoga kita semua tidak sampai tertular oleh virus Corona atau Covid-19,” tegas Kapolsek Rengel Iptu Dean Tommy R, SH.

Setelah kegiatan rapat koordinasi bersama para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas selesai, kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi dan mempersiapkan protap pembentukan dan Pembuatan Posko Gugus Tugas Covid-19 serta pembuatan/penyiapan tempat Karantina/Ruang Isolasi di tiap-tiap desa. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *