Babinsa Kebomlati Serka Pandai Edi ikuti Gelar Sosialisasi Keluarga Tangguh Bancana

Tuban – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Tuban Gelar Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Kamis (02/12/2012), terkait dengan penanganan mitigasi bencana.

Dimana pencegahan dan penanganan bencana alam tidak bisa dilakukan satu pihak saja. Oleh karenanya perlu upaya pentahelix dalam upaya mitigasi maupun penanganan bencana. Serta sinergitas bersama dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Kebomlati tersebut bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat khususnya warga Desa Kebomlati agar lebih tanggap terhadap potensi ancaman bencana di musim hujan ini, seperti halnya peristiwa banjir bandang yang menerjang Desa yang berimbas pada wilayah Kecamatan Plumpang.

Dalam kesempatan tersebut, FPRB Kabupaten Tuban, yang didapuk sebagai nara sumber dalam arahannya mengatakan bahwa potensi bencana di Kecamatan Plumpang sendiri meliputi tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang akibat angin kencang. Potensi bencana itu tersebar di sejumlah wilayah yang ada sehingga masyarakat harus siap menghadapi kondisi tersebut.

“Warga sudah diberi pengarahan soal mitigasi. Sekalian untuk peningkatan kapasitas masyarakat Desa Kebomlati” katanya.

Sementara Babinsa Kebomlati Serka Pandai Edi mewakili Danramil 0811/06 Plumpang sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BPBD Kabupaten Tuban, dimana Warga Masyarakat Desa Kebomlati dapat tambahan wawasan penanganan bencana. Pihaknya mengharapkan, melalui sosialisasi kewaspadaan bencana tersebut, para peserta mampu menjadi agen Pengurangan Resiko Bencana di lingkungan masing-masing.

“Dalam kegiatan ini sinergitas yang paling utama, karena dalam kegiatan yang bersifat sosial ini kami akan mengandeng element masyarakat maupun pengusaha yang ada di wilayah Desa Kabomlati, untuk saling mengingatkan dan bergandengan tangan untuk mengurangi resiko bencana alam sejak dini,” harapnya. (Pen tuban)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.