Babinsa Koramil 0811/08 Widang Tuban Hadiri Sosialisasi, Simulasi Dan Implementasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tentang Penggunaan Kartu Tani

Tuban – Dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan Nasional dengan kerjasama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa, dalam hal penyaluran pupuk bersubsidi di bidang pertanian. Babinsa Sumberjo Koramil 0811/08 Widang,  Koptu Asrin menghadiri acara sosialisasi dan implementasi Kartu Tani bersama Forkopimca, Ketua Poktan dan perwakilan para petani, bertempat di halaman rumah Ketua Poktan Lohjinawi Bpk. Sumarso Desa Sumberjo, yang dihadiri sekitar 50 orang. Selasa (10/11/2020)

 

Tampak hadir dalam kegiatan sosialisasi, simulasi dan implementasi penyaluran pupuk bersubsidi tentang penggunaan kartu tani ini, yaitu dari Dinas Pertanian Kab. Tuban diwakili Bpk. Darmawan, Camat Widang Bpk. Sartono, Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko, Pegawai Bank BNI Cabang Tuban, Kades Sumberjo Bpk. Teguh dan perangkatnya, PPL Kecamatan Widang, Gapoktan dan Poktan se-Kecamatan Widang, Babinsa dan Babinkantibmas Desa Sumberjo, serta Perwakilan Petani.

Bpk. Darmawan yang mewakili dari Dinas Pertanian Kab. Tuban dalam sambutan dan sosialisasinya menyampaikan, tentang Program Pemerinrah melalui implementasi Peggunaan Kartu Tani.

“Salah satu Manfaat dari Kartu Tani tersebut, adalah sebagai kartu keanggotaan petani dalam hal untuk membantu mendapatkan kebutuhan pertanian seperti bibit, pupuk, obat obatan, alsintan dan sebagainya,” ucapnya.

 

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa, yang meliputi penyuluhan pertanian, pendistribusian bibit, pupuk, obat obatan hingga peralatan pertanian, selain itu juga dalam hal membantu koordinasi kelancaran saluran air irigasi, yang mana dalam hal ini para Babinsa telah membaur dengan kelompok tani untuk pendampingan aktivitas pertanian. Ditambah juga, dengan adanya pendampingan, pengawalan pendistribusian pupuk bersubsidi ini, guna menghindari agar tidak terjadi penyelewengan,” tutur Bpk Sartono selaku Camat Widang.

“Meski memasuki bagian program baru, kami para Babinsa dalam melaksanakan tugas tetap ikhlas dan semangat, karena tugas tersebut bagian dari pengabdian kepada masyarakat, mengingat program pemerintah telah menetapkan sebagai target Swasembada Pangan Nasional, yang mana menjadi tugas serta tanggung jawab kami selaku Babinsa mengawal demi suksesnya Ketahanan Pangan Nasional di sektor kewilayahan masing-masing,” kata Koptu Asrin Babinsa Sumberjo Koramil 0811/08 Widang.

 

Lanjut Kapolsek dalam penyampaiannya mengatakan, “Anggota Polsek bersama dengan Koramil akan selalu siap dalam membantu petani, karena Ketahanan Pangan Nasional sangat dibutuhkan saat ini,” imbuh AKP Totok Wijanarko.

 

Disaat kegiatan Sosialisasi tersebut disampaikan juga Implementasi, cara dan manfaat Kartu Tani, yang mana kartu ini dikelola oleh Bank BNI sebagai pengadaannya. Dalam kegiatan ini juga disertai tanya jawab tentang kegunaan dan permasalahan penggunaan Kartu Tani, hal tersebut juga menjadi bahan pokok agar para petani bisa memahami tentang cara penggunaanya, jadi kedepannya tidak menjadikan polemik atau kendala dalam pengembangan Ketahanan Pangan Nasional. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *