Bati Tuud Koramil Sosialisasikan PENTAB SMAN 5 Taruna Brawijaya Dan Profilnya di SMP N 1 Kenduruan

TUBAN, – Bati Tuud Koramil 0811/11 Kenduruan Peltu A.M. Budiono melaksanakan Sosialisasi Penerimaan Taruna Baru SMAN 5 Taruna Brawijaya dan Profil sekolah di SMP Negeri 1 Kenduruan, dan memaparkan secara rinci termasuk profil sekolah tersebut yang dapat dilihat melalui Link Youtube, Jum’at (10/2/2023).

Dengan akan dibukanya pendaftaran dan penerimaan Taruna Baru SMAN 5 Taruna Brawijaya Tahun Pelajaran 2023/2024 satuan jajaran wilayah Kodam V/Brawijaya termasuk Kodim 0811/Tuban dengan intensif melaksanakan Sosialisasi terutama di Sekolah setingkat SMP karena hanya lulusan setingkat ini yang dapat memasuki sekolah di SMA N 5 Taruna Brawijaya. Tampak hadir 2 anggota Koramil melaksanakan sosialisasi yang diikuti siswa SMP N 1 Kenduruan, Guru Pembimbing dan Wali kelas IX.

SMAN 5 Taruna Brawijaya ditahun 2019 tepatnya tanggal 02 Mei 2019 telah mengadakan perjanjian dan kesepakatan serta perubahan status dan nama sekolah, adapun perjanjian tersebut antara lain Perjanjian Kesepakatan bersama antara Pemerintah Prov Jatim oleh Gubernur Prov Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa dengan TNI AD oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi, kedua Perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas Privinsi Jatim dengan Komandan Rindam V/Brawijaya Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya dan sisaksikan langsung oleh Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Andhika Perkasa dari perjanjian tersebut SMA N 5 Kediri berubah menjadi SMAN 5 Taruna Brawijaya.

Kurikulum pembelajaran SMAN 5 Taruna Brawijaya ini menggunakan Kurikulum Nasional yaitu Merdeka belajar untuk kelas X s.d. XI, dan Kurikulum 2013 untuk kelas XII, dan Kurikulum ini terus disosialisasikan oleh Kemendikbudristek.

Proses pembelajaran terdiri dari Pembelajaran Intrakurikuler yang menguatkan kompetensi pengetahuan, Sikap dan Keterampilan, Kokurikuler berupa penguatan profil pelajar Pancasila yang menguatkan sikap dan karater Taruna, para Taruna juga dibekali ilmu teritorial, bela negara, dan kesamaptaan oleh tim pengasuh TNI AD.

SMAN 5 Taruna Brawijaya mempunyai Visi yaitu Terwujudnya kader pemimpin bangsa yang berkarakter mulia, cerdas, unggul dan berintegritas tinggi, adapun Mottonya SUKSES (Smart, Ulet, Kompetitif, Santun, Empati, Sportif) yang memiliki semboyan Widya Widigda Wiguna Yasa yang berarti Pendidikan yang mencerdaskan, Bermanfaat dan Mulia.

Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 5 Taruna ini banyak sekali mulai dari umum Pramuka, Drum Band, Jurnalistik, Palang Merah Remaja, SKI dan Tahfidz, Tari Tradisional, Paskibra, Band, Keroncong, Paduan suara, serta olahraga umum Voli, Bulu tangkis, Pencak Silat, Taekwondo, Wushu, Karate.

Organisasi di SMAN 5 Taruna berupa MPK, Resimen, dan Osis, adapun persyaratan masuk di sekolah ini antara lain WNI usia maksimal 17 tahun, Siswa kelas IX tahun pelajaran 2022/2023, Tinggi badan minimal 155 cm untuk Pria dan minimal 150 cm untuk perempuan, Tidak bertato, Tidak bertindik untuk siswa laki-laki, Rata-rata nilai Rapor mata pelajaran Bhs indonesia, Bhs inggris, PPKn, Matematika, IPA, IPS, minimal 75.

Proses pendaftaran dapat menanyakan kepada anggota di Koramil setempat atau Babinsa di desanya yang nanti akan diberi penjelasan tentang proses ini, dan dapat mengisi formulir pendaftaran secara _online_ di website pentab.smatarunakediri.sch.id

Tahapan seleksi ada dua tahapan antara lain Seleksi administrasi yang meliputi verifikasi berkas dengan ketentuan untuk calon taruna ber KK di wilayah Jatim dilakukan di Kodim setempat wilayah Kodam V/Brawijaya, dan calon taruna yang ber KK luar provinsi Jatim verifikasi dilakukan di SMAN 5 Taruna Brawijaya.

Untuk seleksi tahap kedua meliputi Kesehatan umum dan jiwa, Tes Potensi Akademik meliputi mata pelajaran umum, tes psikologi, tes kesamaptaan jasmani, tes wawancara yang dilaksanakan oleh sekolah dan selanjutnya penilaian penentuan akhir (Pantukir) yang dilaksanakan pleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, tim TNI AD, dan Tim dari sekolah.

Hasil Seleksi dapat dilihat di Website _online_ *www.smatarunakediri.sch.id* atau *pentab.smatarunakediri.sch.id* untuk _offline_ dapat langsung dilihat SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur pada tanggal 17 Maret 2023. (Faro)

Alur pendaftaran mulai dari pendaftaran Online, Verifikasi berkas, Rangkaian tes, pengumuman dan Daftar ulang. Sudah banyak lulusan dari SMAN 5 Taruna Brawijaya yang diterima di Akademi Militer TNI AD, mereka mengucapkan terimakasih atas penggemblengan dan pembinaan selama mereka dibangku sekolah.

Di sekolah ini memiliki Drum Band yang bernama Genta Buana Brawijaya yang sudah tampil diberbagai acara acara Nasional antara lain Pembukaan Liga santri Nusantara 2022, Pembukaan Porprov Jatim di Jember, Upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Surabaya, Peringatan HUT Veteran Nasional di Simpang Lima Kediri 2022 dan masih banyak lagi penampilan dari Drum Band ini. Penampilan Drum Band dari SMAN 5 Taruna Brawijaya tersebut dapat dilihat di Youtube *https://www.youtube.com/watch?v=flXmctCUax4* (Faro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *