Cegah Global Warming, Kodim 0811 Tuban Galakan Penghijauan di Koramil Jajaran

TUBAN, – Gerakan menanam pohon secara serentak dilakukan Koramil jajaran Kodim 0811 Tuban. tanaman keras dan tanaman produktif ditanam di wilayah Koramil jajaran. Bibit-bibit itu ditanam dan disesuaikan dengan kondisi tanah serta iklim wilayah. Sepanjang pantai pantura menjadi sasaran penanaman pohon mangrove, dan untuk pohon berbuah (Mangga,Sawo, Kelengkeng, sirsak, jambu, dll) serta pohon jati dan kesambi menyesuaikan kondisi tanah dan iklim yang ada di wilayah masing – masing. Jum’at (15/7/2022).

Pasiter Kodim 0811 Tuban kapten Czi Chairil anwar menyampaikan, bibit tanaman keras dan produktif tersebut ditanam menyesuaikan iklim wilayah koramil masing masing. Namun hasil yang diperoleh dari penanaman bibit itu diserahkan kepada masyarakat. Sehingga ke depan hasil panen dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang turut menjaga serta merawat bibit yang ditanam.

“Nanti jika sudah berbuah akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak Desa dan masyarakat. Harapannya bibit pohon-pohon produktif tersebut agar bisa dirawat dengan sebaik baiknya sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” terangnya.

Sementara itu Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin mengatakan, penanaman pohon ini sebagai upaya reboisasi dan penghijauan hutan/ lingkungan yang terlihat gersang. Dandim menambahkan, penanaman pohon juga merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan. “Ini merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah guna menghentikan erosi, menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan ruang hijau serta mencegah terjadinya bencana banjir,” ujar Dandim.

Selain itu, lanjut Dandim bahwa Penghijauan ini merupakan upaya pencegahan terhadap perubahan iklim dan pemanasan global (Global Warming). Tentunya kita mengetahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari pemanasan Global cukup memprihatinkan dan semakin hari bumi justru semakin kritis dan lapisan ozon semakin menipis.Tuhan menitipkan bumi ini kepada kita, seharusnya kita semua menjaganya bukan merusaknya, tegas Dandim. (Pendim 0811)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.