Cegah Hama Wereng, Babinsa Koramil 0811/06 Plumpang Tuban & PPL Pertanian Dampingi Penyemprotan Hama

Tuban – Hama wereng sudah sejak lama menjadi musuh para petani, yang mana merupakan hama padi yang paling berbahaya dan merugikan khususnya di Indonesia. Serangga kecil ini menghisap cairan tanaman padi dan sekaligus juga menyebarkan virus (reovirus) yang dapat menyebabkan tanaman padi terinfeksi penyakit tungro. Kemungkinan akan gagal panen nantinya, apabila tanaman mulai terserang hama wereng.

 

Babinsa Magersari Serda Ngatmono melaksanakan pendampingan penyemprotan hama wereng dan Dinas Pertanian Plumpang bekerjasama dengan penyuluh pertanian Kecamatan Plumpang Bpk. Suparman. Dalam hal mengantisipasi gagal panen akibat serangan hama wereng, pada hari ini pukul 07.30 WIB s/d selesai, bertempat di persawahan Dusun Mayang, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban melaksanakan penyemprotan. Jum’at (05/03/2021)

 

“Penyemprotan hama wereng ini bisa menggunakan insektisida atau pestisida sistemik anti wereng, Pestisida sistemik diserap oleh tanaman dan bergerak di dalam tanaman sehingga dapat meracuni hama yang menghisap nutrisi tanaman,” ucap Bpk. Suparman.

Penyemprotan tersebut dilakukan Babinsa Koramil 0811/06 Plumpang Desa Magersari dengan para petani untuk memberantas hama, guna mensukseskan swasembada pangan di wilayah Plumpang khususnya Desa Magersari.

“Tanaman padi merupakan komoditas utama dan perlu diperhatikan dalam segi perawatannya, sehingga membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus, terlebih ketika padi mulai diserang hama dan penyakit,” tuturnya.

 

Dirinya menambahkan, untuk mengendalikan padi dari serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi dari hama yang tepat dan benar. “Teknik penyemprotan merupakan salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit, untuk mengoptimalkan dalam pertumbuhan tanaman padi agar tumbuh dengan baik,” ucap Serda Ngatmono. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.