Dandim 0811 Tuban Bersama Kapolres Pantau Pedagang Pasar Baru/Gede Jalani Rapid Test

 

Tuban – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban menyelenggarakan Rapid Test terhadap para pedagang pasar. Sebanyak 110 Pedagang Pasar Baru/Gede yang berada di Pasar Bokaran Tuban, Jawa Timur mengikuti Rapid Test yang pada Rabu (13/05/2020) dini hari. Hasilnya, tiga orang pedagang dinyatakan reaktif. Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol dan Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K, S.H, M.H memantau jalannya Rapid Test terhadap para pedagang pasar tersebut

Wakil Ketua 1 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol menyampaikan bahwa, Rapid Test ini digelar rencananya akan menyasar di pasar-pasar se Kecamatan hingga Pedesaan yang berada di Kabupaten Tuban. Terutama, lokasi pasar yang menurut Tim Gugus Tugas menjadi potensi penyebaran covid-19. “Untuk pedagang reaktif maka akan diisolasi agar tidak terjadi penyebaran yang meluas,” jelas Dandim 0811 Tuban ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Dr Bambang Priyo Utomo mengatakan, “Dalam pelaksanaan Rapid Test yang berlokasi di Pasar Bongkaran Tuban dibagi menjadi tiga pos, sehingga lebih cepat. “Hasilnya 3 orang pedagang dinyatakan reaktif. Mereka berasal dari Kecamatan Semanding, Merakurak, dan Plumpang,” ujar Bambang.

Para pedagang yang tercatat reaktif Covid-19 itu tidak diperbolehkan berdagang untuk sementara waktu dan harus diisolasi serta menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS). Mereka juga akan melaksanakan Swab Test untuk memastikan apakah yang bersangkutan positif covid-19 atau tidak. “Kalau di Rapid reaktif akan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Test. Rencananya besok sampel dikirim ke Surabaya,” jelas Bambang.

Sementara itu, salah satu pedagang yang menjalani Rapid Test, Sri Sumiyatun (55) mengaku, senang adanya rapid test massal ini. “Iya senang ada tes ini. Jadi bisa tahu saya kena atau tidak” tuturnya.

Ia berharap wabah Virus Corona atau Covid-19 ini segera cepat berakhir, sehingga aktivitas di pasar kembali normal. Karena sejak adanya wabah Corona para pedagang mengeluh lantaran hasil penjualan atau pemasukannya menurun. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *