Danramil 0811/12 Bancar Tuban Bersama Forcopimca Cek Kesiapan Ruang Isolasi

Tuban –  Danramil 0811/12 Bancar Kapten Inf Koliq Hasim bersama pimpinan Forkopimka Bancar yaitu Camat Bancar Bpk. Sutaji, S.STP dan didampingi Kapolsek Bancar AKP Chakim Amrullah, SH MH, berkunjung kesejumlah Desa diwilayah Kecamatan Bancar untuk mengecek kesiapan Ruang Isolasi pemudik yang ada di Desa sesuai arahan Wakil Ketua 1 Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) tingkat Kabupaten Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol bahwa agar untuk mengantisipasi arus pemudik yang pulang ke kampung halaman agar ditiap Desa membuat Ruang Isolasi di Desanya, bisa di Balai Desa atau disarana umum lainnya. Pada kesempatan hari itu Desa yang dikunjungi adalah Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang bertempat di Ruang Balai Desa Jl. Raya Bancar-Tuban Km. 37 Bancar. Jum’at (17/04/2020)

Pada kesempatan kali ini juga, Danramil bersama Forkopimca Bancar ingin memastikan kesiapan Desa Bancar dalam menyiapkan Ruang Isolasi bagi warga Bancar yang baru datang dari luar kota atau bahkan dari luar negeri.

Danramil bersama Forkopimca Bancar yang berkunjung pada hari ini Jum’at pukul 08.00 WIB diterima oleh Bapak Kades Bancar Bpk. Ahmad Anam (40) beserta Tiga Pilar Desa yaitu Babinsa Bancar Serma Febriyanto dan Babinkamtibmas Bancar Briptu Eko Prasetyo beserta Perangkat Desa. Dalam kunjungan Danramil tersebut  mengatakan bahwa, “Pada hakekatnya seluruh Desa yang ada diwilayah Kecamatan Bancar telah menyiapkan Posko dan Ruang Isolasi didesanya masing-masing dengan baik didukung dengan fasilitas penunjang lainnya yang cukup baik pula.  Seperti Ruang Isolasi yang disiapkan di Desa Bancar ini sudah dukung fasilitas lain seperti tempat tidur, kipas angin, televisi dan penunjang lain bagi warga yang akan diisolasi nantinya.  “Saya apresiasi Pemdes Bancar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ds. Bancar yang sudah secara solid bekerja, membuat dan menyiapkan tempat isolasi dedesanya dengan baik, bersih dan rapi, nanti tempat ini semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pemudik yang datang, yang berasal dari desa Bancar ini,” terang Danramil.

Lebih lanjut Danramil yang sudah kurang lebih 1 tahun memimpin Koramil wilayah Bancar ini juga mengharapkan agar Pemdes dan tiga pilar lainnya selalu mendata dan mengupdate tiap harinya berapa jumlah warga Bancar yang telah dan akan mudik, hal ini tentunya berguna untuk mengantisipasi kesiapan Desa. Meski demikian Danramil juga tetap mengingatkan sesuai arahan pemerintah yang langsung disampaikan Presiden RI agar masyarakat tidak melakukan Mudik pada tahun ini, hal ini untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) agar tidak bertambah meluas. Selain itu Danramil juga menegaskan, jika nanti ada warga atau pemudik menolak melakukan isolasi apabila seharusnya memang layak isolasi disini diharapkan agar Desa selalu berkoordinasi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan elemen masyarakat yang lain agar bertindak tegas tapi tetap dengan persuasif.  Semua harus saling peduli dengan keselamatan diri sendiri dan orang lain. “Saya berharap kepada masyarakat Desa Bancar agar patuh pada aturan isolasi ini, nantinya isolasi ini tentunya akan ada SOP sesuai aturan dari Dinas Kesehatan dari Kecamatan serta petunjuk pemerintah kecamatan”. lanjut Danramil

Jika nantinya apabila duperiksa kondisinya tidak menunjukkan gejala yang mengarah pada gejala Covid-19, diminta agar warga (Pemudik) melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing selama 14 hari.

“Kalau tidak ada gejala, boleh isolasi dirumah masing-masing tapi tetap tidak boleh sembrono tetap jaga jarak dengan keluarga dirumah, ” Imbuhnya.

“Saya juga berharap walaupun ruang isolasi ini sudah disiapkan dengan baik oleh desa tapi sata juga mengharapkan agar ruang ini juga tidak sampai terisi atau ada orangnya. Mudah-mudahan warga masyarakat desa Bancar semua sehat dan dijauhkan oleh Allah SWT dari segala wabah covid-19 ini, Amin” Harap Danramil sebelum mengakhiri penyammpaiannya.

Pada kesempatan lain Camat Bancar juga menekankan beberapa hal kepada Kades dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas Bancar tentang pentingnya kerjasama, soliditas, kekompakan tiga pilar desa.

“Yang pertama saya sampaikan terima kasih dan kebanggaan saya kepada Kades Bancar yang saya lihat cukup solid  dan kompak dengan tiga pilarnya yaitu Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmasnya hari ini telah saling bekerja sama sehingga perintah atasan agar desa membuat ruang isolasi untuk para pemudik yang akan masuk desa bisa dibuat dengan cukup baik dan bagus, ini nantinya akan menjadi contoh dan pemicu untuk desa yang lain, minimal seperti ini” Jelasnya.

“bapak Kades dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas tentunya ruang isolasi ini juga sebagai shock terapi untuk warga agar warga yang masih diluar kota atau luar daerah mengurungkan niatnya untuk melaksanakan mudik ditengah pandemi virus covid 19 ini sehinga diharapkan juga agar saudaranya, kluarga orang yang akan mudik juga mengingatkan kepadanya agar tidak mudik pada tahun ini karena keluarga merupakan orang terdekat yang lebih akan mengena pada mereka yang akan mudik.” Lanjutnya.

“Nantinya apabila ada warga Bancar yang mudik segera didata, ditanyakan kesehatannya, koordinasi dengan bidan desa apabila tidak ditemukan gejala-gejala yang mengarah ke arah covid-19 segera bisa pulang kerumah masing-masing untuk melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari, tapi apabila ditemukan gejala agar desa segera melaporkan ke Kecamatan nanti kita akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kecamatan (Puskesmas) dan apabila diperlukan kita juga akan bawa sampai kerumah sakit Daerah, jadi tidak serta merta langsung di masukkan ke ruang isolasi desa ini.” Tambahnya.

Lebih lanjut Camat menyampaikan tentang pentingnya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kondisi pandemi ini secara terus menerus agar masyarakat lebih waspada tetapi tidak panik dengan wabah ini, tetap jaga kesehatan, peduli dengan lingkungan sekitar, lebih proaktif apabila ada warga yang mudik segera melaporkan diri kedesa, jaga lingkungan sehat, pola hiduo bersih, rajin cuci tangan dan selalu gunakan masker apabila keluar rumah.

Pemdes, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta elemen masyarakat yang lain selalu berkoordinasi untuk membantu apa yang menjadi laporan dan keluhan masyarakat berkaitan dengan wabah pandemi virus corona ini. ” lanjutnya sebeluam mengakhiri penyampaiannya.

“Allhamdulillah, ruang isolasi didesa Bancar ini sudah selesai tinggal sedikit perbaikan saja harapan saya nanti semua desa juga mengikutinya sehingga harapannya semua desa tanggap terhadap adanya wabah virus corona (Covid-19) ini, dan semoga wilayah kita tidak ada yang terpapar virus ini dan semoga Allah SWT selalu menjaga warga Bancar agar tidak ada yang terkena, Amin… Amin… Ya Robbal Alamin.” Pungkasnya sebelum melanjutkan melaksanakan pengecekan kepada desa yang lain.

Turut dalam kegiatan ini Camat Bancar Bpk. Sutaji, S.STP dan didampingi Kapolsek Bancar AKP Chakim Amrullah, SH MH, Sekcam Kecamatan Bancar, Kaur Kesra Kecamatan Bancar, Kepala Satpol PP Kecamatan Bancar serta Ka. Seksi Kecamatan yang lain. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *