Danramil 0811 / 15 Jenu Bersama Tiga Pilar Rawat Tanaman Magrov

Tuban – Puluhan personil TNI jajaran Kodim 0811 Tuban, hari ini melakukan perawatan 250 pohon Mangrove (Bakau) di sepanjang Pesisir pantai Jenu bersama Tiga Pilar,pada hari kamis (30-12-2021).

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk perbaikan ekosistem melalui penanaman pohon Mangrove, guna melindungi lautan dari ancaman yang di timbulkan akibat terjadinya perubahan iklim, serta ketidakseimbangan ekosistem alam. Sebanyak 250 bibit tumbuhan Mangrove jenis Rhizophora.SP di tanam di sepanjang pesisir pantai.

Dalam rangka melaksanakan Program Pelestarian Alam Dan Lingkungan yang di canangkan oleh Kodam V/Brawijaya, Kodim 0811/Tuban melalui Program kerja bidang Teritorial, menilai pentingnya bergerak sebagai agen perubahan untuk lingkungan yang lebih baik.

Oleh karena itu, Kodim 0811 /Tuban, membangun kesadaran masyarakat agar lebih mencintai kelestarian lingkungan dan alam. Pihaknya dalam hal ini, mengajak untuk bersama-sama menanam, merawat, menjaga dan memelihara tumbuhan mangrove.

Danramil 0811/15 Jenu, Kapten Arh Sudiono,menyampaikan Perawatan pohon Mangrove di pantai Jenu dimaksudkan juga sebagai wadah edukasi lingkungan hidup dan ekowisata masyarakat untuk lebih mencintai alam sekitar demi kebaikan di masa depan.

“Pelestarian alam melalui hutan bakau di Pesisir Pantai Jenu, diharapkan Hutan Mangrove memiliki fungsi untuk mencegah intrusi air di laut, yaitu perembesan air laut yang masuk ke tanah daratan. Selain itu, hutan mangrove juga dapat mencegah erosi dan abrasi di pantai dari gempuran gelombang air laut dan lain sebagainya.

“Mari kita bersama-sama menanam dan menjaga tumbuhan ini, agar dapat memberikan manfaat bagi kita semua di kemudian hari,” ungkapnya.

Perlu disadari, bahwa pohon memiliki peranan yang sangat penting bagi makhluk hidup dan lingkungan. Begitu pula pada pesisir pantai, mangrove memiliki peran yang tidak kalah pentingnya di ekosistem sebagai habitat bagi beraneka ragam spesies yang tak terhingga jumlahnya.

Untuk itu, terkait dengan kerentanan terjadinya bencana di wilayah, Danramil 0811/15 Jenu menyebut hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak terkecuali TNI AD.

Dengan kondisi seperti ini, warga masyarakat diajak untuk ikut memberikan kontribusi peran, membantu peran TNI yang sejalan dengan salah satu tugas pokok TNI AD selain perang, yakni membantu Penanggulangan bencana alam.

“Salah satu hal yang menjadi kunci dalam penanggulangan bencana yaitu sinergi dari semua pihak terkait, termasuk warga masyarakat,” Ungkap Danramil 0811/15 Jenu.

“Dengan segala kerendahan hati, saya selaku Danramil 0811/15 Jenu mewakili Komandan Kodim di tempat ini, mengajak untuk saling membantu bekerja sama dalam hal kebaikan, demi keamanan, kenyamanan, dan kelangsungan hidup generasi penerus kita semua nantinya,” ucapnya.

Koramil 0811 /15 Jenu, melakukan aksi sosial yang bertujuan untuk menciptakan hutan lindung (Bakau) dengan konsep manajemen tumbuhan Mangrove di Kecamatan Jenu ini, dilakukan bersama-sama dengan Tiga Pilar Kecamatan Jenu dan warga masyarakat sekitar.(Pendim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.