Dukung Ketahanan Pangan Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban Sosialisasikan Pupuk Bokashi Kepada Masyarakat Desa kaligede

TUBAN, – Manfaatkan Limbah Organik, Satgas TMMD Ke 113 Tahun 2022 Kodim 0811 Tuban bersama PPL memberikan sosialisasi dan cara membuat pupuk organik Bokashi di Kelompot Tani Jaya Makmur Desa Kaligede Kecamatan Senori Kabupaten Tuban, Senin (16/05/2022).


Serma Kasmo di bantu Poktan Jaya Makmur Bpk. Guntono memandu pembuatan pupuk organik tersebut menyampaikan bahwa, untuk pembuatan pupuk organik dilaksanakan dengan cara fermentasi yang terdiri dari bahan padat dan bahan cair. Adapun bahan padat tersebut antara lain limbah organik seperti jerami yang telah dihancurkan / dicacah, sekam, Pupuk kandang (kotoran hewan), dedak (Bekatul) yang kesemuanya diaduk secara merata.

“Campurkan bahan bahan organik secara merata, siramkan larutan EM4 yang telah dicampur dengan molase / tetes tebu dan air (1:1:50) buat adonan dengan kadar air 30-40 % selanjutnya fermentasi selama satu Minggu dalam keadaan tertutup, pupuk siap digunakan setelah diangin anginkan,” terang Serma Kasmo

Sementara Perwira Seksi Teritorial Kodim 0811 Tuban Kapten Khairil Anwar secara terpisah mengatakan bahwa, “Kegiatan pembuatan pupuk Bokashi merupakan salah satu sasaran non fisik yang di lakukan oleh personil Satgas TMMD dalam upaya mendukung ketahanan pangan.

“Adapun fungsi pupuk organik Bokashi ini di buat untuk mengembalikan unsur hayati dalam tanah dan menggemburkan tanah sehingga daya serap air agar lebih lama,” jelasnya.

Khairil juga menambahkan ‘’Semakin bertambahnya wawasan dan Ilmu pengetahuan para petani Desa kaligede tentang pertanian maka diharapkan para petani semakin sukses dan berhasil dalam bertani, Tanamanya tidak mudah terserang hama penyakit sehingga produktifitas hasil panennya semakin meningkat,” imbuhnya. (Pendim 0811)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.