Forkopimda Tuban Gelar Apel Siaga Bencana

TUBAN – Di Mapolres Tuban di bawah pimpinan langsung oleh Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH., dengan di dampingi Dandim 0811 Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol Dan Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., Pemerintah Kabupaten Tuban bersama TNI-Polri dan BPBD menggelar Apel Siaga Bencana Dalam Rangaka Antisipasi Menghadapi Bencana Alam Serta Penanggulanganya Di Kabupaten Tuban Khususnya Di Tengah Masa PAndemi Covid – 19 Tahun 2021 yang di laksanakan  di Lapangan Apel Polres Tuban Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 873, Kabupaten Tuban, Senin (25/10/2021).

Yang mana dalam acara apel siaga bencana ini melibatkan semua unsur terkait mulai dari Personel Kodim 0811 Tuban, Polres Tuban, BPBD, Dishub, Damkar, Satpol PP, TRC, Santana, Dinkes Tuban dan Tagana.

Dalam apel siaga bencana tersebut ditampilkan berbagai peralatan dan perlengakan yang menjadi bahan untuk melakukan evakuasi ketika terjadi bencana alam. Bahkan para personel yang terlibat didalamnya melakukan aksi simulasi berupa pertolongan kepada warga yang terkena bencana banjir yang dimulai dari tahap evakuasi serta pemberian bantuan pertolongan pertama.

Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH, mengatakan, apel siaga bencana ini, bertujuan untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Tuban khsususnya pemerintah daerah serta untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik unsur TNI, Polri, Pemkab maupun organisasi masyarakat guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi di wilayahnya.

“Apel siaga bencana diperlukan sinergitas antar satuan pelaksana” ucapnya.

Riyadi menambahkan, Sedikitnya terdapat lima kecamatan yang menjadi lintasan sungai bengawan solo yakni Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Widang. Wilayahnya selain membawa berkah pada sektor pertanian juga memiliki potensi ancaman bencana banjir.

“ini disebabkan intensitas curah hujan maupun luapan air kiriman dari wilayah hulu sungai bengawan solo”, tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0811 Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol, menambahkan pihaknya mendukung penuh apel siaga bencana ini, karena ini sesuai UU 34 Tahun 2004 Pasal 7 ayat 1 tentang tugas TNI dalam OMSP yang salah satunya membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Kodim 0811 Tuban selalu siap berada di garda terdepan untuk membantu apabila terjadi bencana alam.’’ Tegas Dandim. (Pendim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *