Inilah Pasiops Kodim 0811 Tuban Komandan Upacara Hari Sumpah Pemuda

Tuban – Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 93 Tahun 2021 dengan tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, di Alun Alun Tuban Jl. RA. Kartini Kec. Tuban Kab. Tuban. Kapten Inf Prayitno yang setiap harinya menjabat Perwira Seksi Operasi Kodim 0811 Tuban, berkesempatan menjadi Komandan Upacara dalam kegiatan Upacara Hari Sumpah Pemuda. Kamis (28/10/2021)

Kegiatan Upacara yang berlangsung di Alun – alun Tuban tersebut berlangsung khidmat dan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat dengan Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur Dra Hj. Khofifah Indar Parawangsa.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai upacara mengatakan, upacara di Kabupaten Tuban ini merupakan pertama kali yang dilakukan Pemprov Jatim, di luar Surabaya. Karena ini tidak terlepas dari jejak atau kilas balik peran dari Sugondo Djodjopuspito pemuda asal Kabupaten Tuban, tokoh pemuda tahun 1928 yang memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan isi Sumpah Pemuda.

Ia menjelaskan, Sugondo sendiri merupakan tokoh kelahiran asal Tuban, pada 22 Februari 1905. “Ini tidak lepas dari peran Sugondo Djodjopuspito, beliau pemimpin Kongres Pemuda,” kata Khofifah gubernur perempuan pertama di Jatim.

Didampingi Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Khofifah menyampaikan hasil dari Kongres Pemuda yang dipimpin Sugondo. Adapun hasilnya yaitu bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Untuk itu ia mengajak pemuda agar terus memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara.  “Yang jelas kenapa dilakukan di Tuban karena untuk mengingat peran dari Sugondo Djodjopuspito sebagai tokoh sumpah pemuda asal Tuban,” paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan Dra Hj. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim), Marsma TNI Rudi Iskandar (Kabinda Jatim), Brigjend TNI Bahram (Irdiv 2 Kostrad), Kolonel Czi Sukamdi (Staf Ahli Pangdam V/Brw), Kombes Pol Asep Irpan Rosadi (Dirbinmas Polda Jatim), Kolonel Mar Teguh Santoso (Asintel Pasmar 2), Forkopimda Tuban, AKBP I. Made Arjana (Ka BNNK Tuban). (Pen Tuban)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *