Kampung Tangguh Ngampelrejo Bancar Tuban , Upaya Warga Bersama TNI Polri Cegah Penyebaran Covid 19 di Pedesaan.

Tuban  – Berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid 19). Salah satu diantaranya adalah pembentukan kampung/dusun tangguh di Dusun Ngampel Desa Ngampelrejo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Jawa Timur oleh Pemerintahan Desa Ngampelrejo dan didukung oleh aparat TNI Polri wilayah Kecamatan Bancar. Jum’at (29/05/2020)

Disebut kampung/dusun tangguh karena lingkungan di Dusun Ngampel Desa Ngampelrejo memiliki rasa kepedulian bersama dalam mencegah penyebaran virus corona (covid 19) yang diantaranya adalah kesadaran warga Dsn. Ngampel Ds. Ngampelrejo dalam menyiapkan lumbung pangan dan informasi terkait penganan dan persebaran virus corona (covid 19) dilingkungan sekitarnya.

Bahkan menurut pemantauan kesehatan awal oleh tim medis khususnya Puskesmas Bancar dan tim gugus tugas penanganan covid 19 kecamatan Bancar Dsn. Ngampel bagi warga yang sakit sudah disiapkan tempat berobat hingga lokasi persiapan pemakaman jika ada korban jiwa juga telah ada tempatnya.

Bapak Camat Bancar Sutaji, S.STP bersama tim Forkopimka Kecamatan Bancar (Kapolsek Bancar AKP. Budi Priyanto, SH dan Danramil Bancar Kapten Inf. Koliq Hasim) dalam sambutannya diacara Musyawarah pembentukan struktur organisasi Dusun Tangguh Covid 19 Dsn. Ngampel mengatakan cukup terharu dengan kebersamaan dan kepedulian warga desa Ngampelrejo terhadap kampung tangguh. Terlebih bisa melihat dengan nyata warga Dsn. Ngampel cukup antusias dalam menerima desanya diberikan tanggung jawab untuk menjadi dusun kampung tangguh.

‘‘Salut dan terima kasih saya sampaikan kepada warga Desa Ngampelrejo yang cukup aktif dan peduli terhadap kondisi penanganan persebaran covid 19 didesanya. Dan dengan senang hati dan guyup serta bersemangat dalam melaksanakan rencana pembentukan kampung tangguh diwilayah desa Ngampelrejo ini” jelas Camat.

Dalam kesempatan tersebut Danramil Bancar Kapten Inf Koliq Hasim juga menambahkan bahwa penanganan atau pencegahan penyebaran covid 19 ini bukan hanya tanggung jawab kecamatan, TNI dan Polri atau petugas gugus tugas saja tapi juga perlu dukungan dari masyarakat semuanya sehingga anjuran pemerintah ini dapat dilaksanakan oleh seluruh warga negaranya.

‘‘Menjelang lebaran persebaran covid 19 didaerah daerah semakin bertambah karena khususnya dari cluster pasar, untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah, hindari kerumunan, hindari keluar rumah atau bepergian kalau tidak perlu, kalaupun harus keluar tetap gunakan masker dan jaga jarak, rajin cuci tangan’’. imbuh Danramil dalam sambutannya.

Kapolsek Bancar dalam kesempatan itu juga menambahkan agar kepercayaan pemerintah Bancar yang telah menunjuk dusun Ngampel sebagai perwakilan kecamatan Bancar sebagai dusun tangguh penanganan covid 19 ini agar dilaksanakan dengan baik. Beliau juga berpesan agar warga tetap guyup serta bergotong royong dalam melaksanakan tugas ini.

‘‘Kedepan nanti dusun agar menyiapkan sarana dan prasarana dalam penyiapan dusun tangguh ini, nanti agar segera dibuat tempat tempat seperti Posko Utama, Pos Pantau dan Tempat isolasi serta fasilitas yang lain, dan secara teknis nanti akan disampaikan dilapangan. Pos nanti agar dijaga oleh beberapa unsur yaitu dari TNI, Polri, Satpol PP, petugas kesehatan dan insur Linmas,  yang nantinya tiap jaga selama 1 x 24 jam dibagi dalam 3 sift. SOP pelaksanaan tugas akan disampaikan lebih lanjut dalam rapat berikutnya ’’. jelas Kapolsek yang baru kurang lebih 1 bulan menjabat di wilayah Bancar ini.

Rapat ditutup oleh bapak Camat selanjutnya tim bergerak meninjau dan survei tempat tempat yang rencana akan dijadikan sebagai posko posko dusun tangguh. Diantaranya adalah meninjau Posko utama, pos pantau dan ruang isolasi. Selanjutnya rapat pembentukan struktur organisasi dusun tangguh dipimpin oleh kepala desa Ngampelrejo bapak Taryono didampingi Babinsa Ngampelrejo Serma Febriyanto dan Bhabinkamtibmas Ngampelrejo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah  Camat Bancar, Danramil Bancar, Kapolsek Bancar, Ka. Puskesmas Bancar, Kades Ngampelrejo, Bidan Desa Ngampelrejo, ketua PKK Ngampelrejo beserta perangkat desa Ngampelrejo dan Tim Gugud Tugas Penanganan Covid 19 Desa Ngampelrejo. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *