Kasdim 0811 Tuban Tuban Ajak Peserta Pelatihan UPT BLK Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

TUBAN, – Dalam rangka meningkatkan kesadaran Bela Negara para generasi muda, Kasdim 0811 Tuban Mayor Chb Nurhadi memberikan wawasan kebangsaan tentang pentingnya Bela Negara untuk Menjaga Keutuhan NKRI kepada para peserta pelatihan UPT BLK Tuban Jln. Dr Wahidin Sudiro Husodo Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban, Selasa (15/02/2022).

Kepada peserta pelatihan, Mayor Chb Nurhadi memaparkan makna dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara, pengertian dan prinsip Nasionalisme, prinsip Patrionalisme serta Implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, upaya memperkuat keutuhan NKRI, sikap serta perilaku yang perlu ditanamkan/dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu Kasdim juga menyampaikan tentang Proxy War, bahwa bangsa Indonesia sekarang dihadapkan pada sebuah ancaman nyata yang tidak ringan. Sebuah fenomena yang berbeda dari masa-masa sebelumnya telah berkembang dan harus diwaspadai.

“Pada hakikatnya perang ini merupakan sebuah konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko pada kehancuran yang fatal,” terang Kasdim Tuban.

“Singkatnya, Proxy War merupakan kepanjangan tangan dari suatu negara yang berupaya mendapatkan kepentingan strategisnya, namun menghindari keterlibatan langsung suatu perang yang mahal dan berdarah,” Tegasnya. (Pendim 0811)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.