Kolaborasi Kodim 0811 Tuban dengan Puskesmas Wire Laksanakan Vaksin Dosis Tiga

TUBAN, – Prajurit Kodim 0811 Tuban, PNS dan anggota Persit KCK Cabang XXVI mendapatkan suntik vaksin dosis tiga atau vaksin booster. Acara ini digelar di lapangan indoor Makodim 0811 Tuban, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 800 Kec. Tuban, Kamis (27/01/2022).

Vaksinasi booster di laksanakan kolaborasi antara Kodim 0811 Tuban dengan Puskesmas Wire ini merupakan vaksinasi setelah mendapatkan vaksinasi primer dosis Lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dalam tubuh dari virus Covid-19.

Komandan Kodim 0811 Tuban melalui Pasiter Kapten Czi Chairil Anwar mengatakan, vaksinasi booster ini untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin sebagai langkah penguat dan mencegah penularan dari varian virus corona yang telah bermutasi.

Dijelaskannya, pemberian vaksin booster untuk prajurit, PNS dan Persit Kodim 0811 Tuban dilakukan melalui Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

“Vaksin booster kali ini, kita gunakan vaksin Pfizer separoh dosis atau 0,15 ml,” jelas Pasiter ditemui di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut, Chairil menyampaikan bahwa vaksinasi booster kepada prajurit, PNS dan Persit dalam rangka mendukung tugas pokok prajurit Kodim 0811 Tuban beserta keluarga di wilayah, memperkuat herd immunity dan mengurangi resiko dari virus Covid-19. Terlebih saat ini virus ini sudah banyak bermutasi.

“Sehingga saat melakukan aktivitas di luar rumah atau menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai prajurit teritorial tidak perlu kawatir lagi,” imbuh Chairil.

Vaksin booster yang diberikan sudah dijamin aman dan halal seperti vaksin sebelumnya. Oleh karenanya, Pasiter menginformasikan bagi warga Kabupaten Tuban yang sudah memenuhi syarat dipersilahkan ikut vaksin booster di puskesmas terdekat.

Kepala Puskesmas Wire dr. Siti Masruah menambahkan meski kali ini merupakan jadwal vaksinasi booster, Siti menyatakan jika ada yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama atau kedua puskesmas wire akan siap melayani. Siti menegaskan, selain pemenuhan target vaksinasi booster, pihaknya masih akan melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua. Adapun saat ini, capaian vaksinasi untuk dosis pertama mencapai 86,11 persen. Sedangkan untuk dosis kedua baru mencapai 56,05 persen.

Menurut Siti, Pemkab Tuban akan terus berupaya untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi agar segera terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity  di Kabupaten Tuban.

Untuk itu, Siti meminta kepada seluruh masyarakat  yang belum vaksinasi, agar segera vaksin di puskesmas terdekat. “Semua puskesmas kami membuka layanan vaksinasi, tapi memang jadwalnya beda-beda. Jadi, ayok semua pada vaksin,” tutup Siti. (Pendim 0811)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.