Koramil 0811/14 Kerek Tuban Dukung Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Bersama Puskesmas Wilayah

Tuban – Sesuai surat dari Kepala Puskesmas Kerek Nomor : 445/340/414.103.028/2020 tanggal 10 November 2020, tentang permohonan bantuan pendampingan Babinsa Koramil 0811/14 Kerek dalam rangka pelaksanaan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), yang akan dilaksanakan di 10 (sepuluh) Desa wilayah kerja Puskesmas Kerek mulai tanggal 13 s.d 25 November 2020.

 

Diketahui bersama bahwa Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan hasil tindak lanjut dari Survey Mawas Diri (SMD), yang telah dilaksanakan oleh Kader Kesehatan. Dimana Survei Mawas Diri (SMD) dilaksanakan sebagai kegiatan pengenalan dan pengkajian masalah kesehatan oleh tokoh masyarakat dan kader kesehatan setempat, dibawah bimbingan petugas kesehatan Desa agar harapannya masyarakat lebih mengenal kesehatan yang ada di Desa, serta menimbulkan minat atau kesadaran untuk mengetahui masalah kesehatan.

Pada kesempatan ini Serda Munawan Hadi Babinsa Jarorejo Koramil 0811/14 Kerek menghadiri kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan di Balai Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang kedua kalinya. Senin (16/11/2020) Pagi.

 

“Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) sangat penting untuk dilaksanakan, agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, supaya mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri. Timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan, serta betapa pentingnya masalah tersebut untuk segera diatasi, dan juga agar mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki di daerah ini,” ujarnya.

 

Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang digelar oleh Puskesmas Kecamatan Kerek, diharapkan mampu menyerap aspirasi warga masyarakat terkait kondisi dan layanan kesehatan. Dimana dengan cara seperti ini, merujuk pada keinginan agar persoalan tentang kesehatan yang terjadi di masyarakat dapat diatasi dengan cepat dan tepat. Disamping pentingnya dilaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) ini, tidak bosan-bosannya kami selaku Petugas Kesehatan mengingatkan kembali kepada masyarakat, agar selalu menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19, melalui perilaku hidup bersih dan sehat untuk membentuk kekebalan tubuh secara optimal,” ucap Bidan Desa Jarorejo Ni’matun Sholihah, A.Md, Kep.

Dihubungi di tempat terpisah Danramil 0811/14 Kerek Kapten Arm Abdul Ghofar menyampaikan, bahwa TNI dalam hal ini Koramil 0811/14 Kerek bersama dengan Puskesmas Kecamatan Kerek, akan selalu bersinergi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini di wilayah Kecamatan Kerek, sebagai wujud dari pembinaan teritorial Satuan Kewilayahan,” tutur Danramil.

 

Pelaksanaan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Kerek dr. Rika Triyana, Kepala Desa Jarorejo Bapak Sugiman, S.Sos, Babinsa Jarorejo Serda Munawan Hadi, Bhabinkamtibmas Jarorejo Aiptu Albert,  Bidan Desa Jarorejo Ni’matun Sholihah, A.Md, Kep dan Kader Posyandu serta Tokoh Masyarakat Desa Jarorejo. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *