Lestarikan Budaya Nenek Moyang, Babinsa Koramil 0811/19 Montong Hadiri Tradisi Sedekah Bumi

TUBAN, – Tradisi sedekah bumi yang digelar setiap tahunnya oleh masyarakat sebagai wujud syukur dengan rangkaian kegiatan do’a bersama bertempat di Pemakaman Umum Dusun Madu salam Desa Bringin Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Selasa (30/5/2023).

Penceramah Kyai Toha menyampaikan tausiahnya bahwa sedekah bumi ini merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi dan masih memegang teguh dan melestarikan budaya nenek moyang dahulu.

“Nanti kita Doa bersama, yang mana menyandingkan antara perayaan kebudayaan dengan acara keagamaan berdoa kepada allah SWT,” Tutur Kyai Toha.

Menurut Serma Wahono kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Bringin masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada penerus muda Khususnya di Desa Bringin Kecamatan Montong.

“TNI Selalu mendukung penuh kegiatan yang merupakan tradisi kearifan lokal dan harus tetap dipertahankan di masa modern seperti saat ini,” Ujar Babinsa. (Faro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *