PDP Covid-19 Asal Tambakboyo Tuban Meninggal, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makamkan Sesuai SOP Kemenkes RI

Tuban – Satu pasien asal Tambakboyo di Kabupaten Tuban kembali meninggal. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 tersebut diketahui seorang laki-laki, bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aryo Tedjo Kota Tuban telah meninggal dunia A.n Bpk. Temu bin Suraji, umur 76 tahun dengan alamat Dusun Karang Tawang RT.002 RW.001 Desa Tambakboyo, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban dengan diagnosa Sakit Paru–paru dan Sesak Nafas. Senin (18/05/2020)

 

Acara kegiatan pemakaman Covid-19 tersebut dihadiri oleh Didik Purwanto (Kaban Kesbangpol Tuban), Camat Tambakboyo Hery Subagyo, S.H, M.M, Danramil Kapten Inf Gacuk Sunarso, Kapolsek Tambakboyo Iptu Darmono, UPT Puskesmas Tambakboyo, diwakili oleh Bpk Yoyok dan Bpk Ikhwan, Pertugas RSUD Kota Tuban 10 orang (Lengkap dengan APD ), Anggota Koramil 0811/13 Tambakboyo 3 orang, Unit Reskrim Tambakboyo Bripka Tono, Kades Tambakboyo Lilik Kustijono, Satpol PP 2 orang Bpk Suwanto dan Bpk Warsidi, Perwakilan keluarga Almarhum dan Warga masyarakat setempat.

Kaban Kesbangpol Kab. Tuban Didik Purwanto mengatakan, “Pasien berasal dari Tambakboyo tersebut telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aryo Tedjo Kota Tuban sebagai rumah sakit penyangga untuk penanganan Covid-19 pada pukul 13.40 WIB. Pasien yang didiagnosa sebagai PDP karena mengalami pneumonia atau Sakit Paru–paru dan Sesak Nafas. “Setelah mendapat perawatan isolasi di rumah sakit, nyawa pasien tidak terselamatkan. Siang tadi meninggal,” ujarnya.

 

Bambang juga mengungkap, setelah dinyatakan meninggal dari pihak RSUD Aryo Tedjo, Maka pihak RSUD tersebut langsung menghubungi Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Kades setempat guna menyiapkan untuk pemakaman PDP asal Tambakboyo ini. Pasien juga sudah menjalani rapid tes, hasilnya memang positif Covid-19. Namun demikian, pasien yang telah menjalani perawatan isolasi di rumah sakit tersebut telah dinyatakan meninggal dunia oleh Tim Medis siang tadi. Untuk pemakaman pasien dilakukan dengan cara sesuai prosedur SOP Kemenkes RI dan standar WHO, yang mana proses pemakaman dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Tuban dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di TPU Kel. Tambakboyo Kec. Tambakboyo, Kab. Tuban guna penanganan Virus Corona sebagaimana ditetapkan.

Danramil 0811/13 Tambakboyo Kapten Inf Gacuk Sunarso menyampaikan bahwa, “Salah satu pasien PDP Covid-19 atas nama A.n Bpk. Temu bin Suraji telah meninggal dunia pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020, Pukul 13.40 WIB dan telah dilaksanakan proses pemakaman sesuai prosedur SOP Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas pukul 17.10 WIB. Yang mana kami sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah dihubungi oleh pihak Tim Medis RSUD Aryo Tedjo agar menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO untuk PDP warga Tambakboyo ini ,” tuturnya

 

Bahwa Pasien PDP A.n Bpk. Temu bin Suraji meninggal dunia dikarenakan memiliki riwayat Sakit Paru–paru dan Sesak Nafas serta telah menjalani perawatan isolasi di RSUD Aryo Tedjo, untuk mekanisme pemakaman dilaksanakan sesuai dengan prosedur SOP Kemenkes RI dan standar WHO, yang mana proses pemakaman dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Tuban dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di TPU. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *