Peduli lingkungan, Koramil 07 Soko Tanam Rumput Vetiver

TUBAN, – Sebagai insan Teritorial yang peduli terhadap lingkungan sekitar, Kodim 0811 melalui Koramil 07 Soko bekerjasama dengan Forkopimca, Babinkamtibmas, Pemerintah Desa Glagahsari Kecamatan Soko, Tagana serta semua unsur masyarakat Desa Glagahsari melaksanakan penanaman 500 rumput vetiver. Hal ini dalam rangka pengurangan resiko terjadinya bencana tanah longsor yang nantinya akan berdamapak luas pada lingkungan sekitar .
Penanaman rumput vetiver atau akar wangi ini, dilakukan secara serentak oleh para anggota TNI, masyarakat yang berada di tepi aliran Bengawan Solo Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Jumat, (08/04/2022).

Danramil 07 Soko Kapten Inf Priwahyudi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya membantu Pemerintah Kabupaten Tuban dalam penanggulangan bencana alam, serta diharapkan melalui penanaman rumput vetiver ini menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir dampak bencana. Baik seperti erosi, banjir maupun tanah longsor.

“Melalaui gerakan ini, harapannya rumput vetiver yang telah ditanam ini bisa meminimalisir terjadinya bencana hidrologi khususnya di wilayah Kecamatan Soko,” jelas Danramil.

Sementara itu, Babinsa Glagahsari Sertu Mugianto menjelaskan, bahwa rumput vetiver atau akar wangi ini memiliki akar panjang, kuat dan baik sehingga bisa menembus pada kedalaman tanah hingga 10 meter. Dimana akar tersebut mampu mengikat tanah terutama tanah yang rawan longsor seperti tanah di tebing yang curam atau bantaran sungai.
“Rumput vetiver ini sifatnya berakar kuat, sehingga mampu mengikat tanah terutama tanah yang rawan longsor,” imbuh Sertu Mugianto.

Di samping sebagai upaya mitigasi struktural yang lain, tentunya penanaman rumput vetiver ini diharapkan dapat mengurangi risiko longsor yang biasa terjadi di wilayah bantaran Bengawan Solo wilayah Kecamatan Soko. (Pendim 0811).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.