Petani Hadang Truk Pupuk Bersubsidi, TNI-Polri Tambakboyo Tuban Amankan Truk Tersebut, Berawal Hoaks Pupuk Langka

 

Tuban – Gara-gara termakan hoaks pupuk langka, sejumlah petani warga Kec.Kerek nekat melakukan penghadangan terhadap kendaraan Truk bermuatan pupuk bersubsidi, yang sedang melintas di Jalan Raya Pantura tepatnya di Desa Glondonggede Pertigaan PT. SBI Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Pupuk yang berada di Truck diturunkan semua oleh warga Kec.Kerek yang berjumlah sekitar 25 orang, terhadap Kendaraan Bernomor Polisi S 8499 UH yang dikemudikan oleh Bpk. Lilik, beserta 2 orang kuli panggul dengan alamat Desa Bektiharjo RT.04 RW03 Kec.Semanding, Kab.Tuban. Kamis (22/10/2020)

 

Puluhan petani menghadang serta menurunkan paksa pupuk bersubsidi dari kendaraan pengangkut pupuk bersubsidi ini, yang akan didistribusikan dari Agen Fimako Kab.Tuban, dengan rencana akan dikirim ke wilayah Kec.Bancar. Truck tersebut bermuatan pupuk bersubsidi jenis Ponska sebanyak 4 ton, Urea 3 ton, dan Organik 2 ton.

 

Dengan adanya laporan dari beberapa warga setempat kepada Babinsa dan Babinkamtibmas wilayah Kec.Tambakboyo, maka TNI-Polri Tambakboyo Tuban ini segera bergegas menuju TKP untuk mengamankan atas kejadian ini, kemudian melaporkan dan berkoordinasi dengan Forkopimca Tambakboyo.

Hadirnya Camat Tambakboyo Bpk. Breddy Arianto, M.Ap selaku Forkopimca dengan memberikan himbauan, mediasi dan pemahaman, bahwa para petani yang ingin mendapatkan pupuk bersubsidi harus menggunakan kartu tani atau surat rekomendasi dari kelompok tani.

“Para petani yang ingin mendapatkan pupuk bersubsidi saat ini, prosesnya harus menggunakan kartu tani atau surat rekomendasi dari kelompok tani di daerahnya masing-masing. Pendistribusian pupuk bersubdisi sekarang aturannya sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang diajukan oleh kelompok tani. Jadi dimohon jangan termakan hoaks, akan kelangkaan pupuk bersubsidi untuk para petani. Diharapkan tidak perlu khawatir terkait jatah ketersediaan pupuk bersubsidi, dikarenakan pupuk tersebut untuk alokasi petani wilayah Kec.Bancar.” jelasnya.

 

Setelah warga Kec.Kerek ini menerima dan memahami atas himbauan yang diberikan oleh Forkopimca, maka pupuk bersubsidi tersebut dinaikkan kembali ke Truck dan membubarkan diri untuk kembali kerumah. Truck bermuatan pupuk bersubsidi tersebut siap melanjutkan perjalanan untuk mengirim dan didistribusikan ke wilayah Kec.Bancar. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *