Tiga Pilar Desa Ngampelrejo Berikan Pelatihan Untuk Peningkatan Kapasitas Linmas Di Desanya

 

Tuban –  Pertahanan sipil atau yang kita kenal dengan istilah Hansip merupakan salah satu komponen pendukung dalam konsep pertahanan negara. Hansip ini dalam sejarah Indonesia sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dimana tujuan dibentuknya Hansip ini adalah sebagai pertahanan sipil Belanda untuk menghadapi serangan dari Jepang saat itu. Hansip pada awalnya bergerak dalam kegiatan yang sifatnya pertahanan dan keamanan dan sekarang berubah menjadi membantu dalam pengamanan lingkungan. Pada tahun 2002 Hansip berubah nama menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat) dengan tidak merubah Tupoksinya yang diantaranya adalah penanggulangan bencana, membantu keamanan, membantu kegiatan sosial, membantu Pam Pemilu dan membantu dalam pertahanan negara.

 

Linmas merupakan satuan perlindungan masyarakat atau organisasi yang dibentuk pemerintahan desa dimana adalah merupakan warga anggota masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan dan keterampilan dasar untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan kegiatan kemasyarakatan yang lain.

 

Berkaitan dengan pentingnya peran dari pada Linmas didesa dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban didesa Tiga Pilar Desa Ngampelrejo yang terdiri atas Kades, Babinsa dan Babinkamtibmas berkoordinasi dan bersinergi yaitu dengan membuat rencana kegiatan terhadap anggota Linmas kedepan. Ketiga pilar akhirnya sepakat membuat program kegiatan yang intinya memberikan pembekalan singkat kepada Linmas yaitu dengan memberikan wawasan kebangsaan, materi Beladiri Linmas dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris). Kegiatan “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas Desa Ngampelrejo Kecamatan Babcar Kabupaten Tuban Tahun 2021” dilaksanakan selama satu hari dengan pengisi materi dari Babinsa, Babinkamtibmas dan Ketua BPD. Selasa, (13/04/2021)

 

Dalam kesempatan itu Kades Ngampelrejo bapak Taryono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bekal ilmu bagi anggota Linmas sehingga diharapkan dengan ilmu yang mungkin hanya sedikit ini dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan tugas dilapangan.

 

“Kepada anggota Linmas desa saya, terima kasih sudah hadir dalam kegiatan hari ini, saya selaku Kades sangat bangga dengan Linmas saya dan harapan saya agar nanti seluruh kegiatan dan materi yang diberikan baik dari pak Babinsa,  Babinkamtibmas dan ketua BPD agar diserap dengan baik dan jadikan ilmu tersebut sebagai pegangan saat anda semua berdinas atau melaksanakan tugas Linmas dilapangan. Sehingga minimal dengan ilmu yang diberikan ini bapak-bapak Linmas tahu tentang apa apa yang akan dikerjakan saat bertugas dan tidak canggung dalam menentukan sikap dilapangan,” Ungkap Kades dengan bersemangat.

Ketua BPD bapak Harsono yang pernah mengenyam pelatihan Linmas di Tuban menegaskan bahwa pada dasarnya kegiatan yang digagas oleh tiga pilar desa ini cukup bagus bagi anggota Linmas di desa Ngampelrejo, karena tentunya sedikit banyak dengan pelatihan ini anggota Linmas akan lebih Percaya Diri (PD) saat melaksanakan tugas dilapangan.

 

“Saya pribadi cukup mengapresiasi program ini dimana Linmas kita dibekali lagi dengan ilmu tentang Linmas sehingga harapannya kedepan saat Linmas kita melaksanakan kegiatan kemasyrakatan didesa mereka akan lebih percaya diri, tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas dilapangan dan tentunya kesadaran bahwa menjaga keamanan dan ketertiban didesa ini bukan hanya tugas dari pak TNI dan Pak Polisi saja akan tetapi dengan bantuan Linmas keamanan akan semakin kondusif,” tegas Ketua BPD yang masih muda ini dan gemar bermain bola volly ini.

 

“Saya berharap kegiatan hari ini dapat dijadikan dasar pegangan untuk Linmas desa Ngampelrejo sehingga setelah kegiatan ini nanti dalam pelaksanaan tugas dilapangan orang-orang inilah (Linmas) yang akan melaksanakan tugas, tidak ada lagi Linmas saling tunjuk ketika ada kegiatan, disini sudah dibentuk organisasinya, ketua dan wakil sudah dibentuk, anggotanya tiap RT sudah ada jadi harapanya disetiap event kegiatan Linmas sudah secara otomatis melaksanakan tugasnya,” jelas Babinkamtibmas Desa Ngampelrejo Bripka Agus.

 

Sementara itu Babinsa Desa Ngampelrejo Serma Febriyanto ketika dikonfirmasi oleh Bancar.com mengungkapkan bahwa kegiatan ini digagas oleh tiga pilar bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada anggota Linmas dengan materi Wasbang, Tupoksi Linmas, Beladiri Linmas dan Peraturan Baris Berbaris. Materi ini kita berikan agar minimal anggota Linmas mengetahui Tugas tugas Linmas, Dasar beladiri Linmas dan Permildas (PBB).

 

“Kegiatan pelatihan ini harapannya dapat memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan Linmas sehingga kedepan anggota Linmas dalam melaksanakan tugas dilapangan sudah memiliki kepercayaan diri dalam melangkah, membuat keputusan dalam bertindak,  tidak ragu dalam memutuskan tindakan yang tentunya semuanya tetap harus dikoordinasikan dengan aparat keamanan didesa dalam hal ini adalah wajib lapor pada Babinkamtibmas, Babinsa dan Kades,” Tegasnya

 

“Hari ini Linmas kita isi dengan memberikan persoalan secara tertulis untuk dikerjakan sebisanya. Materinya soalnya tentunya merupakan dari wawasan kebangsaaan dan pengetahuan Tupoksi Linmas, sehingga dari persoalan tersebut kita dapat tahu sampai sebatas mana wawasan kebangsaan dan pengetahuan tupoksi Linmas oleh anggota Linmas kita. Dari soal tersebut kita dapat tahu materi apa yang perlu kita berikan. Dan materi lain yang kita berikan adalah ceramah tentang Wawasan kebangsaan, teori Tupoksi Linmas, Praktek Beladiri Linmas dan Praktek PBB (Peraturan Baris-Berbaris). Semua materi kita berikan dengan harapan adalah minimal Linmas pernah mengikuti dan tahu serta dapat melaksanakan kegiatan semuanya dengan baik,” terang Babinsa yang sudah dua tahun berdinas di Koramil 12 Bancar ini.

 

Kegiatan dilaksanakan dari jam 08.00 Wib sampai dengan jam 15.00 Wib dan semua berjalan dengan lancar dan aman.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kades Ngampelrejo bapak Taryono, Babinsa Ngampelrejo Serma Febriyanto, Babinkamtibmas Bripka Agus, Ketua BPD bapak Harsono, seluruh ketua RT dan RW desa Ngampelrejo serta anggota Linmas dalam pelatihan sebanyak 30 orang. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *