Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makaman PDP Asal Kerek Tuban Sesuai SOP Kemenkes RI

Tuban – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 diketahui seorang Laki-laki, seorang pasien asal Kerek di Kabupaten Tuban dinyatakan telah meninggal dunia oleh Tim Medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuban A.n Bpk Medik Setiyawan, Usia 37 th, Alamat RT.03 RW.02 Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Kamis (23/07/2020)

 

Acara kegiatan pemakaman Covid-19 tersebut dihadiri oleh Bpk Sugeng Purnomo S.IP (Camat Kerek), Kapten Kav Suwito (Danramil 0811 /14 Kerek), Iptu Kadeni (Kapolsek Kerek), Dr. Rika (Kepala Puskesmas Kerek), Bpk Taufiq (Kasi Kedaruratan BPBD Tuban), Bpk Sugiman S.Sos (Kades Jarorejo), Babinsa Ramil 0811/14 Kerek, Bhabinkamtibmas Polsek Kerek, Perwakilan Keluarga Almarhum serta Warga Masyarakat Setempat.

Informasi yang didapat, pada hari Selasa 21 Juli 2020 pukul 06.00 WIB pasien diantar oleh keluarga untuk berobat di RSUD Dr. R. Koesma Tuban dengan keluhan sakit saluran pernafasan atau sesak nafas, kemudian pihak Tim Medis memeriksa pasien dengan diagnosa sesak nafas pada paru-paru (Pneumonia), setelah itu Dokter pun melakukan Rapid Test dan hasilnya pasien positif (Reaktif) terjangkit Virus Covid-19 dan pasien disarankan untuk menjalani perawatan. Hari Kamis 23 Juli pagi kondisi pasien menurun (Drop), pukul 12.30 WIB pihak Tim Medis RSUD Tuban langsung menghubungi Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat bahwa PDP asal Kerek ini dinyatakan meninggal dunia, agar segera dilaksanakan penyiapan pemakaman terhadap pasien tersebut.

 

Setelah dihubungi, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat menyiapkan pemakaman PDP asal Kerek ini. Untuk pemakaman pasien dilakukan dengan cara sesuai prosedur SOP Kemenkes RI dan standar WHO. Yang mana prosesi pemakaman dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Tuban dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di TPU Desa Jarorejo, Kec. Kerek, Kab. Tuban guna penanganan Virus Corona (Covid-19) sebagaimana prosedur yang ditetapkan.

Danramil 0811/14 Kerek Kapten Kav Suwito menyampaikan bahwa, “Salah satu pasien PDP Covid-19 atas nama A.n Bpk Medik Setiyawan telah meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 23 Juli 2020, Pukul 12.30 WIB dan telah dilaksanakan proses pemakaman sesuai prosedur SOP Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas pukul 16.15 WIB. Yang mana kami sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah dihubungi oleh pihak Tim Medis RSUD Tuban agar menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO untuk PDP warga Jarorejo Kerek ini,” tuturnya.

 

Bahwa Pasien PDP A.n Bpk Medik Setiyawan meninggal dunia yang telah menjalani perawatan di RSUD Tuban, untuk mekanisme pemakaman dilaksanakan sesuai dengan prosedur SOP Kemenkes RI dan standar WHO, yang mana prosesi pemakaman dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Tuban dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di TPU. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *