Tingkatkan Herd Immunity Warga Pedesaan, Babinsa Dan Nakes Montong Tuban Ajak Warga Binaan Ikuti Vaksinasi

 

Tuban – Pengawalan dilakukan oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), yakni Babinsa Koramil 0811/19 Montong demi mendukung Percepatan Program Vaksinasi di pedesaan, Babinsa dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) galang warga Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk ikut serbuan vaksin dosis 1 dan 2.

 

Hal tersebut dilakukan Babinsa Pakel Sersan MD. Bagus Raka bersama dengan Ibu Indah Bidan Desa dari Nakes Kecamatan Montong. Mereka bergerak bersama untuk menggalang warga binaan dengan sistem door to door atau mendatangi langsung warga dari rumah ke rumah hingga vaksin massal yang bertempat di Balai Desa setempat.

 

Dari pantauan di lokasi kegiatan vaksin diikuti 162 peserta dengan keterangan 134 dosis 1 jenis Astra Zenica dan Sinovac 2 dosis 1 serta 26 dosis 2. Nampak hadir dalam kegiatan itu Camat Montong Bpk. Suwoto, Babinsa Pakel, Kades Pakel Ibu Ifa beserta Perangkat, Kepala Puskesmas Jetak dr. Awalis Sholihah beserta 2 Nakes Puskesmas Montong, Bidan Desa Pakel Ibu Indah dan Warga Masyarakat Desa Pakel

“Alhamdulillah 162 orang warga telah tervaksin. Hingga tak ada yang tersisa baik Vaksin jenis Astra Zenica dan Sinovac,” jelas Sersan MD. Bagus Raka, Senin (18/10/2021)

Babinsa mengimbau kepada peserta yang mengikuti kegiatan vaksin, dengan tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan serta berharap, pendampingan Vaksinasi TNI dan Pemerintah Desa Pakel, mampu mencegah dan melindungi diri serta meningkatkan Herd Immunity warga masyarakat dari perkembangan penularan Covid-19.

 

Selain itu, keikutsertaan prajurit TNI dalam mendukung percepatan penyuntikan vaksin di wilayah desa binaan sebagai percepatan distribusi vaksin. Pasalnya, sebelumnya capaian vaksin kabupaten Tuban masih dibawah 50 persen atau dibawah standar yang ditetapkan pemerintah pusat yakni 70 persen.

 

“Saya putuskan mengikuti vaksin di Desa, walau baru vaksin dosis 1, berhubung melihat tetangga banyak yang ikut vaksin,” kata warga Desa Pakel Haryati (36).

 

Dilain tempat Danramil Motong Lettu Inf Anang Susani saat ditemui Awak Media di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa kegiatan pendampingan vaksinasi oleh anggotanya merupakan salah satu bentuk dukungan program pemerintah sebagai upaya keluar dari pandemi Covid-19. Ia pun menghimbau untuk tetap patuh protokol kesehatan yakni 5M (memakai masker, menjaga jarak, menggunakan masker, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dalam penerapan Prokes)

“Mari kita dukung program vaksinasi demi meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh warga terhadap serangan Covid-19. Kami minta tetap mematuhi Prokes 5M guna memutus mata rantai Covid-19 dan semoga pandemi ini segera berakhir,” kata Danramil. (Pen Tuban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *