Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil Soko Kodim Tuban Pimpin Upacara Di Sekolah

TUBAN, – Upacara bendera yang dilaksanakan ditiap–tiap sekolah pada hari Senin merupakan salah satu cara untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, serta mengenang dan menghargai jasa–jasa para pahlawan. Kegiatan (upacara bendera) ini juga dimaksudkan agar para pelajar sebagai generasi muda lebih disiplin, mengenal jati diri bangsa dan diharapkan menjadi generasi yang berkarakter dan berbudaya, Senin (06/2/2023).

Untuk mencapai harapan yang sekaligus menjadi tujuan ini, pihak TNI melalui Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya Kodim 0811 Tuban melalui Koramil jajaran mengerahkan para Babinsa untuk melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan (Binwasbang) dan kedisiplinan di sekolah-sekolah.

Kegiatan Binwasbang ini salah satunya dilaksanakan melalui upacara rutin setiap Senin, dengan cara menjadi pembina upacara dilanjutkan dengan materi Wasbang dan pelatihan dasar peraturan baris berbaris (PBB). Dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan UPT Diknas / Korwil dimasing-masing wilayah.

Seperti halnya Koramil 0811/07 Soko yang menerjunkan Babinsa Wadung Sertu Pujiadi menjadi pembina upacara di SDN Wadung dan Babinsa Jegulo Serma Rusdianto di SDN I Prambontergayang. Sementara itu, di lokasi lainnya yakni Babinsa Desa Mentoro Serma Sriman menjadi pembina upacara di MI Hidayatulloh Islam Desa Mentoro, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Usai upacara bendera, Serma Rusdianto, menyampaikan pengarahan tentang kedisiplinan dan etika terhadap orang tua dan guru serta menyampaikan materi PBB. ”Hal ini sangat penting, untuk itu sejak usia dini harus tanamkan rasa cinta tanah air, patirotisme, kedisiplinan dan etika budi pekerti dalam berperilaku dikehidupan sehari-hari”, kata Serma Rusdianto.

Kepala Sekolah SDN I Prambontergayang Hj. Suryati,S.Pd, menyambut gembira kegiatan pembinaan Wasbang yang dilaksanakan TNI khususnya Koramil Soko. Ia juga mengungkapkan pihak sekolah sangat berterimakasih atas bersedianya bapak–bapak dari Koramil memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menjadi generasi muda bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berwawasan kebangsaan.
(Faro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *