Bersama Babinsa Koramil 0811/15 Jenu dan DKP2P Kab. Tuban Sebanyak 92 Ekor Sapi Tervaksin Aftopor

TUBAN, – Pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk upaya vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tuban.

Program vaksinasi PMK yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tuban dilakukan oleh lintas sektoral, termasuk pelibatan Kodim 0811 Tuban dalam proses pelaksanaannya.

Seperti yang dilakukan pada hari ini, sabtu,  23/7/ 2022, Babinsa dari Koramil 15 Jenu Kodim 0811 Tuban ikut terlibat dalam proses vaksinasi PMK yang dilakukan di Desa Purworejo dan Temaji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Di Desa Purworejo dan Temaji sendiri, setidaknya pada hari ini sebanyak 92 ekor sapi yang telah menerima suntikan vaksinasi PMK.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Babinsa Koramil 15 Jenu Serma Darmani, keterlibatan TNI dalam program pencegahan dan vaksinasi PMK dalam rangka mendukung program pemerintah.

“Pada hari ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendampingi dan mengawal pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak di Desa Purworejo dan Temaji dengan petugas vaksinasi dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP2P) Kabupaten Tuban dengan jenis vaksin aftopor,” ungkap Serma Darmani

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh DKP2P Kab. tuban, semua ternak sapi yang mendapatkan vaksinasi hari ini, dalam kondisi sehat dan bebas dari PMK.

Keterlibatan Kodim 0811 Tuban dalam program pencegahan PMK pada hewan ternak tidak hanya sebatas pada pengawalan proses vaksinasi, namun juga secara rutin ikut melakukan sosialisasi terkait PMK melalui petugas Babinsa yang ada di tiap desa.

“Melalui program vaksinasi PMK ini, diharapkan dapat mengatasi dan meminimalisir wabah PMK khususnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban.”harapnya. (Pendim 0811)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.